Bakti RSTKA Pulau Bebas TBC 2024

Kemampuan masyarakat kepulauan mengakses fasilitas kesehatan terutama rumahsakit masih sangat terbatas mengingat kemampuan ekonomi masyarakat, ketersediaan sarana transportasi dan jauhnya jarak tempuh menuju rumahsakit. Untuk itu dipandang perlu ada langkah terobosan. Terobosan yang dilakukan Yayasan Ksatria Medika Airlangga adalah menghadirkan Rumah Sakit Kapal Ksatria Airlangga ke pulau-pulau terpencil. Bukan lagi pasien yang datang ke rumahsakit, tetapi rumahsakit-lah yang datang ke pulau-pulau dan membantu menyelesaikan masalah masyarakat kepulauan. Model pelayanan ini sangat dibutuhkan orang-orang pulau yang kesulitan mengakses rumah sakit. Kapal ini telah memberi warna baru model pelayanan kesehatan rujukan.

Selain menyelenggarakan pelayanan kesehatan rujukan proaktif, RSTKA secara spesifik menjalankan program-program khusus. Pada tahun 2021 mengusung tema Covid dan Vaksinasi di Kepulauan. Tahun 2022 tentang Community Development dan tahun 2023 bertemakan Penyakit Jantung Bawaan di Kepulauan.

Sesuatu hal yang sangat menyedihkan, berdasarkan Global TB Report 2022, Indonesia merupakan negara dengan beban TBC tertinggi kedua di dunia setelah India. WHO memperkirakan ada 969.000 kasus TBC di Indonesia. Pemerintah menetapkan target pada tahun 2030, incident rate TBC turun menjadi 65/100.000 penduduk dengan angka kematian 6/100.000 penduduk. Untuk mewujudkannya, Menteri Kesehatan Republik Indonesia memberi waktu selambat-lambatnya dalam waktu tiga tahun ke depan Indonesia sudah harus bisa membuat vaksin TBC yang lebih kuat dari vaksin BCG. Selain itu dalam implementasi di lapangan, dibutuhkan sebuah gerakan yang tidak hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Diperlukan partisipasi banyak pihak untuk memenangi peperangan dalam penanggulangan TBC. Untuk alasan inilah, RSTKA memilih program Eliminasi TBC sebagai program khusus untuk tahun 2024 dengan pendekatan melalui optimalisasi peran Pentahelix setempat (unsur-unsur pemerintah, akademisi/guru, pengusaha, tokoh masyarakat, jurnalis, dll).

Kapal RSTKA bisa menusuk hingga ke sudut-sudut terpencil yang sulit dijangkau di Indonesia. Tidak semua orang berkesempatan bisa menjelajah ke sana. Sebagai kapal rumahsakit, kapal ini bisa menjadi wahana riset dan pelayanan dalam rangka mendukung pemerataan pelayanan kesehatan termasuk eliminasi TBC di kepulauan.

VISI

Terwujudnya masyarakat kepulauan yang sehat, produktif dan bahagia

MISI

1. Sebagai kapal pelayanan, melakukan pelayanan kesehatan rujukan yang aman dan terstandar untuk masyarakat kepulauan dan daerah terpencil
2. Sebagai wahana untuk melakukan pembangunan yang berkelanjutan di daerah kepulauan sesuai pendekatan Sustainable Development Goals (SDGs) yang berbasis

riset

TEMA:

Dengan Cinta Kasih, Kita Lenyapkan TBC di Kepulauan

TUJUAN

  1. Melakukan kegiatan pelayanan kesehatan rujukan pro aktif untuk masyarakat kepulauan
  2. Memasifkan kampanye dan edukasi tentang Eliminasi TB dan Terapi Pencegahan Tuberculosis (TPT) di kepulauan dengan optimalisasi pelibatan pentahelix di kepulauan.
  3. Melakukan pencegahan dan percepatan eliminasi stunting di kepulauan
  4. Melakukan upaya penurunan angka kematian ibu dan anak di kepulauan
  5. Skrining kasus penyakit jantung bawaan (congenital heart disease) dan mengorganisir dukungan bagi pelayanan operasi penyakit jantung bawaan dari kepulauan di Surabaya.
  6. Memberikan dukungan pengembangan usaha keluarga penderita TBC dan stunting
  7. Melakukan kampanye dan pengembangan energi terbarukan di kepulauan.

MENJADI RELAWAN

RELAWAN YANG DIBUTUHKAN

  1. Dokter Umum

PERIODE PENDAFTARAN RELAWAN

27 – 30 Mei 2024

PERIODE PENUGASAN RELAWAN

1 -30 Juni 2024

Di Kepulauan Sumenep, Jawa Timur

BERKAS PERSYARATAN

  1. CV Terbaru
  2. Surat Kesediaan menjadi Relawan RSTKA, download di sini
  3. KTP
  4. STR (hanya untuk dokter)

Q & A TENTANG RELAWAN

  1. Apakah menjadi relawan mendapat insentif?
    Tidak, tapi biaya akomodasi selama pelayanan sampai kepulangan akan difasilitasi.
  2. Apakah boleh mengikuti lebih dari satu periode?
    Boleh
  3. Apakah boleh ikut bisa belum ada STR atau STR masih dalam pengurusan?
    Boleh
  4. Apakah hanya untuk alumni Universitas Airlangga?
    Tidak, relawan RSTKA terbuka untuk seluruh Indonesia
  5. Kapan pengumuman penerimaan relawan?
    Relawan yang memenuhi kriteria akan dihubungi langsung melalui WA, dan pengumuman resmi akan diupload di instagram pada H-5 keberangkatan
  6. Kapan keberangkatan relawan?
    tanggal 11 November 2023, jadwal bisa berubah-ubah
to top